Pencahayaan merupakan salah satu faktor untuk mendapatkan keadaan lingkungan yang amandan nyaman dan berkaitan erat dengan produktivitas manusia. Pencahayaan yang baik memungkinkanorang dapat melihat objek-objek yang dikerjakannya secara jelas dan cepat.Menurut sumbernya, pencahayaan dapat dibagi menjadi :1. Pencahayaan alamiPencahayaan alami adalah sumber pencahayaan yang berasal dari sinar matahari. Sinar alamimempunyai banyak keuntungan, selain menghemat energi listrik juga dapat membunuh kuman. Untukmendapatkan pencahayaan alami pada suatu ruang diperlukan jendela-jendela yang besar ataupundinding kaca sekurang-kurangnya 1/6 daripada luas lantai.Sumber pencahayaan alami kadang dirasa kurang efektif dibanding dengan penggunaan pencahayaanbuatan, selain karena intensitas cahaya yang tidak tetap, sumber alami menghasilkan panas terutamasaat siang hari. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan sinar alami mendapatkeuntungan, yaitu:- Variasi intensitas cahaya matahari- Distribusi dari terangnya cahaya- Efek dari lokasi, pemantulan cahaya, jarak antar bangunan- Letak geografis dan kegunaan bangunan gedung2. Pencahayaan buatanPencahayaan buatan adalah pencahayaan yang dihasilkan oleh sumber cahaya selain cahaya alami.Pencahayaan buatan sangat diperlukan apabila posisi ruangan sulit dicapai oleh pencahayaan alami atausaat pencahayaan alami tidak mencukupi. Fungsi pokok pencahayaan buatan baik yang diterapkansecara tersendiri maupun yang dikombinasikan dengan pencahayaan alami adalah sebagai berikut:- Menciptakan lingkungan yang memungkinkan penghuni melihat secara detail serta terlaksananya tugasserta kegiatan visual secara mudah dan tepat- Memungkinkan penghuni berjalan dan bergerak secara mudah dan aman- Tidak menimbukan pertambahan suhu udara yang berlebihan pada tempat kerja- Memberikan pencahayaan dengan intensitas yang tetap menyebar secara merata, tidak berkedip, tidakmenyilaukan, dan tidak menimbulkan bayang-bayang.- Meningkatkan lingkungan visual yang nyaman dan meningkatkan prestasi.Sistem pencahayaan buatan yang sering dipergunakan secara umum dapat dibedakan atas 3 macamyakni :
Pada sistem ini 60-90% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas, sedangkan sisanyadiarahkan ke bagian bawah. Untuk hasil yang optimal disarankan langitlangit perlu diberikan perhatianserta dirawat dengan baik. Pada sistem ini masalah bayangan praktis tidak ada serta kesilauan dapatdikurangi.5. Sistem Pencahayaan Tidak Langsung (indirect lighting)Pada sistem ini 90-100% cahaya diarahkan ke langit-langit dan dinding bagian atas kemudiandipantulkan untuk menerangi seluruh ruangan. Agar seluruh langit-langit dapat menjadi sumber cahaya,perlu diberikan perhatian dan pemeliharaan yang baik. Keuntungan sistem ini adalah tidak menimbulkanbayangan dan kesilauan sedangkan kerugiannya mengurangi effisien cahaya total yang jatuh padapermukaan kerja.Penggunaan tiga cahaya utama adalah hal umum yang berlaku di dunia film dan photography. Padapresentasi arsitektural penggunaannya akan sedikit berbeda, walaupun masih dalam kerangkapemikiran yang sama. Agar pembaca lebih mudah memahami topik ini, saya menyertakan ilustrasi-ilustrasi gambar di bawah ini. Harap diingat bahwa topik ini tidak terkait dengan penggunaan softwareapapun, baik 3D Studio MAX, Lightwave, Maya, Softimage, ataupun software lainnya. Salah satu caramudah untuk melakukan pencahayaan adalah dengan membuat warna seragam pada seluruh materialpada 3D scenes. Teknik pecahayaan dibagi menjadi 3 bagian yaitu :1. Cahaya Utama (Key Light)Key Light merupakan pencahayaan utama dari gambar kita, dan merepresentasikan bagian paling terangsekaligus mendefiniskan bayangan pada gambar. Key Light juga merepresentasikan pencahayaan palingdominan seperti matahari dan lampu interior. Meski demikian peletakannya tidak harus persis tepatpada sumber pencahayaan yang kita inginkan. Key light juga merupakan cahaya yang paling terang danmenimbulkan bayangan yang paling gelap. Biasanya Key Light diletakkan pada sudut 450 dari arahkamera karena akan menciptakan efek gelap, terang serta menimbulkan bayangan.2. Cahaya pengisi (Fill light)Fungsi fill light adalah melembutkan sekaligus mengisi bagian gelap yang diciptakan oleh key light. FillLight juga berfungsi menciptakan kesan tiga dimensi. Tanpa fill light ilustrasi kita akan berkesan muramdan misterius, seperti yang biasa kita lihat pada film X-Files dan film-film horor (disebut sebagai efekfilm-noir). Keberadaan fill light menghilangkan kesan seram tersebut, seraya memberi image tigadimensi pada gambar. Dengan demikian penciptaan bayangan (cast shadows) pada fill light padadasarnya tidak diperlukan. Rasio pencahayaan pada fill light adalah setengah dari key light. Meskipundemikian rasio pencahayaan tersebut bisa disesuaikan dengan tema ilustrasi. Tingkat terang Fill lighttidak boleh menyamai Key Light karena akan membuat ilustrasi kita berkesan datar. Pada dasarnya filllight diletakkan pada arah yang berlawanan dengan key light, karena memang berfungsi mengisi bagiangelap dari key light. Pada gambar di bawah key light diletakkan pada bagian kiri kamera dan fill lightpada bagian kanan. Fill light sebaiknya diletakkan lebih rendah dari key light.
3. Cahaya Latar (Back Light)Back Light berfungsi untuk menciptakan pemisahan antara objek utama dengan objek pendukung.Dengan diletakkan pada bagian belakang benda back light menciptakan "garis pemisah" antara objekutama dengan latar belakang pendukungnya. Pada ilustrasi di atas back light digunakan sebagaipengganti cahaya matahari untuk menciptakan "garis pemisah" pada bagian ranjang yang menjadi fokusutama dari desain. Karena cahaya matahari pada sore hari menjelang matahari terbenam bernuansa jingga, maka diberikan warna jingga pada back light tersebut. Selain itu back light juga menyebabkantimbulnya bayangan sehingga bagian cast-shadow pada program 3D sebaiknya diaktifkan.Pada dasar-dasar pencahayaan, selain tiga pencahayaan utama terdapat dua pencahayaan lain yangmendukung sebuah karya menjadi terlihat nyata yang disebut cahaya tambahan. Cahaya tambahanterdapat 2 macam yaitu :1. Cahaya Aksentuasi (Kickers light)Kickers berfungsi untuk memberikan penekanan (aksentuasi) pada objek-objek tertentu. Lampu spotadalah yang terbaik digunakan karena mempunyai kemiripan dengan sifat lampu spot halogen yangbiasa dipergunakan sebagai elemen interior. Intensitas cahaya aksentuasi tidak boleh melebihi key lightkarena akan menciptakan "overexposure" sehingga hasil karya jadi terlihat seperti photo yang kelebihancahaya.2. Cahaya Pantul (Bounce light)Setiap benda yang terkena cahaya pasti akan memantulkan kembali sebagian cahayanya. Misalnyacahaya matahari masuk melalui jendela dan menimbulkan "pendar" pada bagian tembok dan jendela.Warna pendaran cahaya tersebut juga harus disesuaikan dengan warna material yang memantulkancahaya. Semakin tingga kadar reflektifitas suatu benda, seperti kaca misalnya, semakin besarlah"pendar" cahaya yang ditimbulkannya.
0 komentar:
Posting Komentar